Cara Memanfaatkan Fungsi Logical dan Fungsi OR Pada Microsoft Excel Untuk Membuat Kontrol Service Kendaraan Berkala

Cara Memanfaatkan Fungsi Logical dan Fungsi OR Pada Microsoft Excel Untuk Membuat Kontrol Service Kendaraan Berkala

Salam sukses selalu untuk semua pembaca setia kuat's blog. Pada posting kali ini saya akan memposting mengenai cara membuat output kontrol service kendaraan bermotor secara berkala dengan memanfaatkan Fungsi LOGICAL dan Fungsi OR pada microsoft excel dengan menggunakan Formula IF Tiga Parameter.

Formula OR digunakan untuk menentukan hasil dua variable pada data yang memenuhi salah satu kriteria yang ditentukan. Jika salah satu kriteria saja yang sesuai, maka hasil penilaian akan menghasilkan nilai “TRUE” dan mengabaikan kriteria atau syarat yang lain. Pada pembahasan ini saya akan memanfaatkan Fungsi LOGICAL dan Fungsi OR dengan menggunakan Formula IF Tiga Parameter untuk mengetahui hasil kontrol service kendaraan bermotor secara berkala. Dan untuk lebih memahaminya, berikut ini saya sertakan langkah-langkahnya :

1. Pertama, buatlah tabel kontrol service kendaraan bermotor pada sheet1 seperti berikut ini :

Gambar 1. Tabel Kontrol Service Kendaraan Berkala

2. Yang kedua buatlah tabel kriteria pada  sheet2 seperti nampak pada capture berikut ini :

Gambar 2. Tabel Kriteria Kontrol Service Kendaraan Berkala

3. Perhatikan tabel hasil service kendaraan di atas. Arahkan pointer mouse pada sel K7, lalu buka FORMULAS > LOGICAL > OR seperti pada capture berikut ini :

Gambar 3. Fungsi Logical dan Fungsi OR

4. Lalu akan muncul Parameter PMT, dan sesuaikan inputan parameter PMT seperti capture berikut ini : 

Gambar 4. Parameter PMT

5. Setelah itu klik OK dan akan menghasilkan nilai TRUE pada sel K7 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 5. Tabel Kontrol Service Kendaraan Berkala

6. Selanjutnya, lalu arahkan pointer mouse dengan cara klik pada sel K7, dan lakukan copy rumus formula dengan cara drag tarik rumus dari mulai baris K7 sampai dengan baris K29 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 6. Tabel Kontrol Service Kendaraan Berkala

7. Sekarang saya sudah mendapatkan hasil penilaian dengan dua variable “TRUE” dan “FALSE”. Namun, karena saya ingin mengubah dua variable tersebut menjadi lebih mudah difahami lagi, maka saya tambahkan kolom Hasil pada kolom L7 sampai dengan L29 sebagai pengganti varible “TRUE” dan “FALSE” dengan menggunakan formula sebagai berikut : =IFERROR(IF(K7="";"";IF(K7=TRUE;"SAATNYA SERVICE";IF(K7=FALSE;"BELUM SAATNYA SERVICE")));""). Masukkan rumus formula tersebut pada sel L7 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 7. Tabel Kontrol Service Kendaraan Berkala

8. Klik Enter dan akan menghasilkan output hasil service kendaraan bermotor seperti pada capture berikut ini :

Gambar 8. Tabel Kontrol Service Kendaraan Berkala

9. Selanjutnya silahkan copy rumus formula dengan cara lakukan drag atau tarik rumus formula dari mulai sel L7 sampai sel L29, sehingga hasil penilaian yang menghasilkan nilai “TRUE” akan menghasilkan nilai “SAATNYA SERVICE” dan sebaliknya, hasil penilaian yang menghasilkan nilai “FALSE” akan menghasilkan nilai “BELUM SAATNYA SERVICE” seperti capture berikut ini :

Gambar 9. Tabel Kontrol Service Kendaraan Berkala

Demikianlah mengenai mengenai cara membuat output kontrol service kendaraan bermotor secara berkala dengan memanfaatkan Fungsi LOGICAL dan Fungsi OR pada microsoft excel menggunakan Formula IF Tiga Parameter. Sebagai bahan latihan, sobat bisa mendownload tabel latihan tersebut dengan cara klik link ini. Dan tentunya tidak hanya itu saja fungsi Logical pada microsoft excel. Masih ada  Fungsi LOGICAL dan Fungsi NOT pada microsoft excel untuk membuat output hasil penilaian akhir dan akan saya bahas pada posting selanjutnya. 

Demikian bahasan mengenai cara membuat output kontrol service kendaraan secara berkala dengan memanfaatkan Fungsi LOGICAL dan Fungsi OR pada microsoft excel dengan menggunakan Formula IF Tiga Parameter. Bagi pembaca blog ini, yang ingin berkonsultasi mengenai artikel ini dapat menghubungi saya di line mobile/WA nomor 0813 1684 5354 / 0856 7966 693 atau melalui email kurniawankuat@gmail.com. Selama saya sedang tidak sibuk ataupun sedang tidak mengendarai kendaraan pasti akan saya layani. Demikian semoga bermanfaat. Salam sukses.
Share:

My Channel

Posting This Week

Video Tutor 1

Video Tutor 2

Video Tutor 3

Video Tutor 4

Video Tutor 5

Video Tutor 6

Video Tutor 7

Video Tutor 8

Video Tutor 9

Video Tutor 10