Cara Memanfaatkan Fungsi “LOGICAL” dan Fungsi “AND” Pada Microsoft Excel Untuk Membuat Output Hasil Tes Calon Taruna Baru

Cara Membuat Output Hasil Tes Calon Taruna Baru  Deangan Memanfaatkan Fungsi “LOGICAL” dan Fungsi “AND” Menggunakan Formula IF Tiga Parameter Pada Microsoft Excel.

Salam sukses selalu untuk semua pembaca setia kuat's blog. Pada posting kali ini saya akan memposting mengenai cara membuat output hasil tes calon Taruna Baru dengan memanfaatkan Fungsi LOGICAL dan Fungsi AND pada microsoft excel menggunakan Formula IF Tiga Parameter.


Formula IF Tiga Parameter merupakan Fungsi Logical yang akan menghasilkan nilai output dua variable. Pada pembahasan ini saya akan menggunakan Formula IF Tiga Parameter untuk mengetahui hasil tes calon taruna baru di Sekolah Staf Angkatan Udara. Dan bahasan posting kali ini, dua output yang akan saya hasilkan adalah output “Tidak Diterima” dan output “Diterima”. Dan untuk lebih memahaminya, berikut ini saya sertakan langkah-langkahnya :

1. Pertama, buatlah tabel hasil tes calon taruna baru pada sheet1 seperti berikut ini :

Gambar 1. Tabel Hasil Tes Calon Taruna Baru

2. Lalu yang kedua buatlah tabel kriteria pada  sheet2 seperti nampak pada capture berikut ini :

Gambar 2. Tabel Kriteria Tes Calon Taruna Baru

3. Perhatikan tabel hasil tes calon taruna baru di atas. Arahkan pointer mouse pada sel L7, lalu buka FORMULAS > LOGICAL > AND seperti pada capture berikut ini :

Gambar 3. Fungsi Logical dan AND

4. Lalu akan muncul Parameter PMT, dan sesuaikan inputan parameter PMT seperti capture berikut ini :

Gambar 4. Paramter PMT

5.  Lalu klik OK dan akan menghasilkan nilai TRUE pada sel L7 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 5. Tabel Hasil Tes Calon Taruna Baru

6. Selanjutnya, lalu arahkan pointer mouse dengan cara klik pada sel L7, dan lakukan copy rumus formula dengan cara drag tarik rumus dari mulai baris L7 sampai dengan baris L29 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 6. Tabel Hasil Tes Calon Taruna Baru

7. Sekarang saya sudah mendapatkan hasil penilaian dengan dua variable “TRUE” dan “FALSE”. Namun, karena saya ingin mengubah dua variable tersebut menjadi lebih mudah difahami lagi, maka saya tambahkan kolom Hasil pada kolom M7 sampai dengan M29 sebagai pengganti varible “TRUE” dan “FALSE” dengan menggunakan formula sebagai berikut : =IFERROR(IF(L7="";"";IF(L7=TRUE;"DITERIMA";IF(L7=FALSE;"TIDAK LOLOS")));""). Masukkan rumus formula tersebut pada sel M7 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 7. Tabel Hasil Tes Calon Taruna Baru

8. Klik Enter dan akan menghasilkan output hasil penilaian tes calon taruna baru seperti pada capture berikut ini :

Gambar 8. Tabel Hasil Tes Calon Taruna Baru

9. Selanjutnya silahkan copy rumus formula dengan cara lakukan drag atau tarik rumus formula dari mulai sel M7 sampai sel M29, sehingga hasil penilaian yang menghasilkan nilai “TRUE” akan menghasilkan nilai “DITERIMA” dan sebaliknya, hasil penilaian yang menghasilkan nilai “FALSE” akan menghasilkan nilai “TIDAK LOLOS” seperti capture berikut ini :

Gambar 9. Tabel Hasil Tes Calon Taruna Baru

Demikianlah mengenai mengenai cara membuat output hasil tes calon Taruna Baru dengan memanfaatkan Fungsi LOGICAL dan Fungsi AND pada microsoft excel menggunakan Formula IF Tiga Parameter. Sebagai bahan latihan, sobat bisa mendownload tabel latihan tersebut dengan cara klik link ini. Dan tentunya tidak hanya itu saja fungsi Logical pada microsoft excel. Masih ada  Fungsi LOGICAL dan Fungsi OR pada microsoft excel untuk membuat output hasil penilaian akhir dan akan saya bahas pada posting selanjutnya. 

Demikian bahasan mengenai cara membuat output hasil tes calon Taruna Baru dengan memanfaatkan Fungsi LOGICAL dan Fungsi AND pada microsoft excel menggunakan Formula IF Tiga Parameter. Bagi pembaca blog ini, yang ingin berkonsultasi mengenai artikel ini dapat menghubungi saya di line mobile/WA nomor 0813 1684 5354 / 0856 7966 693 atau melalui email kurniawankuat@gmail.com. Selama saya sedang tidak sibuk ataupun sedang tidak mengendarai kendaraan pasti akan saya layani. Demikian semoga bermanfaat. Salam sukses.
Share:

My Channel

Posting This Week

Video Tutor 1

Video Tutor 2

Video Tutor 3

Video Tutor 4

Video Tutor 5

Video Tutor 6

Video Tutor 7

Video Tutor 8

Video Tutor 9

Video Tutor 10