Formula Excel Untuk Membuat Laporan Pembayaran Upah Satuan Bagi Pekerja Konveksi

Dalam posting kali ini, saya akan menunjukkan sebuah aplikasi berbasis microsoft excel yang bisa membantu para pengusaha untuk memanajemen upah para pekerjanya. Aplikasi ini bernama Aplikasi Excel Pembayaran Upah Versi 2.23. Dengan aplikasi ini, pengusaha bisa mengontrol biaya upah para pekerjanya dari mulai mingguan, bulanan, hingga tahunan. Aplikasi ini sangat cocok sekali bagi para pengusaha yang bergerak dibidang konveksi, dan bidang lainnya yang memiliki pekerja dengan metode pembayaran upah satuan produksi.

Aplikasi Excel Pembayaran Upah Versi 2.23 ini sangat mudah digunakan baik oleh orang awam sekalipun. Karena aplikasi ini berbasis microsoft excel. Hanya dengan menginput jumlah hasil pekerjaan yang dibayarkan, secara otomatis aplikasi ini akan menyajikan laporan-laporan. Seperti apa aplikasinya, baca terus sampai akhir postingan blog ini.

Pada saat user mengklik file aplikasi, maka akan muncul login form seperti berikut ini :


Input username dan password, maka akan masuk ke dalam form company profil seperti berikut ini :


Perhatikan form company profil tersebut. Di dalam form company profil terdapat menu-menu utama aplikasi. Sebelum lanjut mengoperasikan aplikasi ini, yang pertama kali dilakukan adalah melakukan input data pekerja melalui menu data pekerja. Klik menu data pekerja dan akan masuk ke dalam form input data pekerja seperti berikut ini :


Untuk menginput data pekerja, inputlah dari mulai kolom NIK. Jika ada pekerja yang berhenti, maka cukup pilih status Y pada kolom STOP. Jika pekerja masih bekerja cukup dikosongkan saja. Setelah selesai menginput data pekerja, klik tombol back yang ada di pojok kiri atas, dan akan kembali ke menu utama.

Setelah menginput data pekerja langkah selanjutnya adalah melakukan setting. Perhatikan menu utama yang ada di form company profil di atas. Klik menu setting, dan akan masuk ke dalam daftar menu setting seperti berikut ini :


Klik menu Harga Upah Satuan, dan akan masuk ke dalam form input setting harga upah satuan seperti berikut ini :


Untuk menginput setting harga upah satuan, cukup input nama pekerjaan dan upah satuan saja. Untuk nomor dan kode secara otomatis akan terinput. 
Setelah selesai menginput setting upah satuan, klik tombol back yang ada di pojok kiri atas, dan akan kembali ke daftar menu setting. 

Perhatikan daftar menu setting di atas. Selanjutnya klik menu saldo awal upah, dan akan masuk ke dalam form input saldo awal upah pekerja seperti berikut ini :


Saldo awal upah pekerja ini berasal dari saldo upah pekerja di akhir tahun. Saldo awal upah pekerja ini bisa berupa simpanan ataupun hutang. Jika saldo awal upah pekerja ini berupa simpanan maka bernilai positif, dan sebaliknya jika saldo awal upah pekerja ini berupa hutang maka bernilai negatif. Namun, jika pekerja tidak memiliki saldo awal upah, maka bernilai kosong. Untuk menginput nilai saldo awal upah pekerja, cukup menginput di kolom saldo awal saja. Karena data pekerja sudah otomatis terinput dari link data pekerja. Dan data pekerja yang otomatis terinput ini hanyalah pekerja yang statusnya masih bekerja saja. Jika pekerja yang sudah berhenti tidak akan muncul di form ini. Setelah selesai menginput setting saldo awal upah pekerja, klik tombol back yang ada di pojok kiri atas, dan akan kembali ke daftar menu setting. Sampai di sini, selesailah melakukan setting aplikasi. Dan selanjutnya hanya tinggal menginput data transaksi harian saja.

Untuk menginput transaksi pembayaran upah harian, silahkan perhatikan menu utama pada form company profil di atas. Klik menu transaksi harian dan akan masuk ke dalam form transaksi harian seperti berikut ini :


Perhatian form jurnal pembayaran upah di atas. Untuk menginput jurnal pembayaran upah, input dahulu tanggal, lalu pilih nama pekerja melalui listdown yang tersedia, dan secara otomatis aplikasi akan menginformasikan data saldo awal upah, trasaksi upah berjalan dan saldo upah pekerja yang dipilih. input juga uraian transaksi jika ada pembayaran upah kepada pekerja, namun jika tidak ada pembayaran maka uraian transaksi tidak perlu diinput, dan cukup menginput nama pekerjaan dan jumlah hasil pekerjaannya saja dan tidak perlu menginput jumlah yang dibayarkan. Dan aplikasi akan menyimpan hasilnya menjadi saldo upah Dan jika ada pembayaran, maka input jumlah yang dibayarkan pada kolom jumlah dibayar. Dan jumlah yang dibayarkan akan mengurangi nilai saldo upah si pekerja. Begitu juga, jika si pekerja ingin kasbon, ataupun ingin meminta pembayaran, maka input uraian transaksinya dan selanjutnya input jumlah yang dibayarkan.

Setelah melakukan input transaksi pembayaran upah harian si pekerja, selanjutnya tinggal melihat laporan-laporannya saja. Untuk laporan yang pertama adalah laporan buku upah. Untuk melihat laporan buku upah, klik menu buku upah yang ada di form company profil, dan akan tampak seperti pada gambar berikut ini :


Sebelum lanjut melihat laporan buku upah, perhatika dulu daftar menu buku upah di atas. Pada menu buku upah ini, ada laporan buku upah bulanan dan ada laporan buku upah mingguan. Laporan buku upah ini memiliki filter buku upah. Dan filter buku upahnya adalah seperti berikut ini :


Dengan filter buku upah ini, aplikasi bisa menyajikan laporan buku upah semua pekerja, laporan buku upah masing-masing pekerja baik secara mingguan, bulanan, hingga tahunan. Ketika base of filter pergawai dipilih ALL, periode bulan dipilih ALL, maka akan menghasilkan laporan buku upah bulanan seperti berikut ini :


Dan jika periode minggu dipilih ALL, maka akan menghasilkan laporan buku upah mingguan seperti berikut ini : 


Selanjutnya perhatikan lagi filter buku upah berikut ini :


Ketika base of filter pergawai dipilih PEGAWAI, dan nama pegawai dipilih Kuat Kurniawan, maka akan menghasilkan laporan buku upah bulanan dan mingguan hanya untuk nama Kuat Kurniawan saja. Dan hasil laporan buku upahnya seperti berikut ini :


Selanjutnya perhatikan lagi filter buku upah berikut ini :


Ketika base of filter pergawai dipilih PEGAWAI, dan nama pegawai dipilih Kuat Kurniawan, serta periode bulan dipilih Februari, maka akan menghasilkan laporan buku upah atas nama Kuat Kurniawan di bulan februari saja. Dan hasil laporan buku upahnya seperti berikut ini :


Selanjutnya perhatikan lagi filter buku upah berikut ini :


Ketika base of filter pergawai dipilih PEGAWAI, dan nama pegawai dipilih Kuat Kurniawan, dan misalnya periode minggu dipilih minggu ke-5, maka akan menghasilkan laporan buku upah atas nama Kuat Kurniawan di minggu ke-5. Dan minggu ke-5 ada di range bulan Januari dan bulan Februari. Dan hasil laporan buku upahnya seperti berikut ini :


Artinya, dengan adanya laporan buku upah ini, aplikasi akan menyajikan laporan historis pembayaran upah semua pegawai dan masing-masing pegawai dari mulai bulanan hingga mingguan. Selain itu, kita bisa mengetahui nilai pembayaran, nilai hasil pekerjaan, dan saldo upah yang dimiliki oleh masing-masing pegawai.

Dan selanjutnya kita akan lihat laporan-laporan lainnya melalui menu laporan yang ada di form company profil. Klik menu laporan, dan akan nampak daftar menu laporan seperti berikut ini :


1. Laporan Rincian Daftar Pembayaran Upah


Pada laporan rincian daftar pembayaran upah ini, kita akan bisa mengetahui daftar daftar pembayaran seperti pembayaran kasbon dan pembayaran upah pekerja. Jadi, setiap ada input transaksi pembayaran kepada para pekerja, nilainya akan otomatis masuk di form rincian pembayaran upah ini. Dan daftar rincian pembayaran upah ini bisa menyajikan daftar pembayaran upah secara keseluruhan, secara bulanan, dan secara mingguan.

2. Laporan Rincian Upah


Laporan rincian upah ini, menggambarkan laporan rincian upah setiap pegawai dari mulai saldo awal upah hingga saldo akhir upah.

3. Laporan Ongkos Upah Produksi


Laporan ongkos upah produksi ini disediakan untuk mengetahui nilai total biaya upah dalam memproduksi produk.

4. Slip Pembayaran Upah


Pada slip pembayaran upah diatas, akan nampak informasi yang begitu jelas tentang uraian transaksi, jumlah yang dibayarkan, saldo awal upah, jumlah yang didapatkan oleh si pekerja dalam menghasilkan suatu pekerjaan, informasi upah yang sudah dibayarkan, dan sisa upah yang masih tersimpan. Dengan begitu, hal ini tentu akan menjadikan suatu informasi yang berguna antara si pekerja dan si pemberi kerja.

Demikianlah posting mengenai Aplikasi Excel Pembayaran Upah Versi 2.23. Jika ingin melihat dalam versi video, silahkan lihat link videonya ada di bawah posting ini. Nah bagi teman-teman semua yang ingin memiliki aplikasi ini bisa menghubungi saya via phone, via WA di line 0813 1684 5354 atau bisa juga via email kurniawankuat@gmail.com. Selama saya sedang tidak mengendarai kendaraan, pasti akan saya layani. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share:

My Channel

Posting This Week

Video Tutor 1

Video Tutor 2

Video Tutor 3

Video Tutor 4

Video Tutor 5

Video Tutor 6

Video Tutor 7

Video Tutor 8

Video Tutor 9

Video Tutor 10