Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Partai dan Calon Metode Sainte Lague

Salam sukses untuk semua pembaca kuat's blog. Pada posting kali ini saya akan memposting sebuah aplikasi berbasis microsoft excel yang bernama Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague. 

Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague adalah aplikasi berbasis Microsoft Excel yang berfungsi untuk mencatat data perolehan suara per TPS yang diperoleh oleh Partai Politik dan Calon Anggota DPR/DPRD dalam satu partai. Konsep penghitungan suara yang ada di dalam Aplikasi Pencatatan Rekap Perolehan Suara ini menggunakan metode SAINTE LAGUE. 

Setelah input data perolehan suara per TPS di dalam aplikasi ini, maka Aplikasi Pencatatan Rekap Perolehan Suara ini secara otomatis akan menghasilkan output laporan seperti berikut ini :

  1. Laporan Perolehan Suara dan Kursi Hasil Konversi Metode Sainte Lague
  2. Laporan Hasil Perolehan Suara dan Kursi Seluruh Partai
  3. Laporan Hasil Perolehan Suara dan Kursi Seluruh Partai dan Seluruh Calon
  4. Laporan Hasil Perolehan Suara Partai dan Calon Per TPS
  5. Laporan Hasil Perolehan Suara Partai dan Calon Per Desa/Kelurahan
  6. Laporan Hasil Perolehan Suara Partai dan Calon Per Kecamatan
  7. Laporan Hasil Perolehan Suara Partai dan Calon Per Kabupaten/Kota
Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague memiliki input dan output sebagai berikut :

A. Fasilitas Input

     A.1. Fasilitas Input Setting Aplikasi
  • Input Setting Nama Kabupaten/Kota
  • Input Setting Nama Kecamatan
  • Input Setting Nama Desa/Kelurahan
  • Input Setting Data TPS
     A.2. Fasilitas Input Data
  • Input Nama Partai
  • Input Nama Calon
  • Input Nama Koordinator
  • Input Data Perolehan Suara Per TPS

B. Fasilitas Output

    B.1. Output Laporann Perolehan Suara dan Kursi
  • Laporan Hasil Perolehan Suara dan Kursi System Sainte Lague
  • Laporan Hasil Perolehan Suara dan Kursi Seluruh Partai
  • Laporan Hasil Perolehan Suara dan Kursi Seluruh Partai dan Seluruh Calon
     B.2. Output Laporan Perolehan Suara Per Wilayah
  • Laporan Hasil Perolehan Suara Partai dan Calon Per TPS
  • Laporan Hasil Perolehan Suara Partai dan Calon Per Desa/Kelurahan
  • Laporan Hasil Perolehan Suara Partai dan Calon Per Kecamatan
  • Laporan Hasil Perolehan Suara Partai dan Calon Per Kabupaten/Kota

C. Fasilitas Lainnya
  • Aplikasi secara otomatis menentukan perolehan kursi pimpinan menggunakan metode Sainte Lague
  • Dapat menentukan perolehan kursi pimpinan hingga maksimal 50 kursi pimpinan
  • Tersedia fasilitas penentuan nilai ambang batas yang dapat diubah-ubah
  • Aplikasi akan secara otomatis memisahkan data koordinator berdasarkan masing-masing jenis koordinator yang terdiri dari koordinator TPS/Saksi, koordinator desa/kelurahan, koordinator kecamatan, dan koordinator kabupaten/kota.
  • Aplikasi secara otomatis akan memberikan peringkat hasil laporan perolehan suara partai dan calon dimulai dari perolehan suara terbanyak.
  • Aplikasi sangat Simpel dan mudah dioperasikan
  • Dan masih banyak fasilitas lainnya.
Itulah deskripsi mengenai fasilitas input dan output dari  Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague.
 
Selanjutnya, jika kita menggunakan Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague, yang pertama akan muncul adalah login form seperti berikut ini :


Setelah login, maka kita akan masuk ke dalam form profil Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague seperti berikut ini :


Pada form profil tersebut disediakan kolom data profil Partai dan Calon. Selain itu aplikasi ini juga memiliki variable Jumlah Kursi dan Batas Ambang Partai yang dapat ditentukan sendiri oleh user. Jumlah kursi sangat dibutuhkan oleh aplikasi untuk menghasilkan laporan jumlah kursi yang diperoleh oleh masing-masing partai, sedangkan ambang batas partai adalah untuk menentukan lolos dan tidaknya partai dalam proses penghitungan suara dengan metode Sainte Lague.

A. Fasilitas Input Aplikasi

Selanjutnya, yang perlu dilakukan user sebelum mengoperasikan aplikasi ini adalah melakukan setting aplikasi melalui menu setting seperti berikut ini :


Untuk menginput nama kabupaten atau kota melalui menu setting kabupaten & kota seperti berikut ini :


Untuk menginput nama kabupaten / kota cukup menginput di kolom kabupaten / kota saja. Dan aplikasi akan secara otomatis memunculkan nomor dan kode dengan sendirinya. Setelah menginput setting nama kabupaten / kota, selanjutnya adalah menginput nama kecamatan melalui menu setting kecamatan, dan form setting nama kecamatan yang ada di aplikasi ini adalah seperti berikut ini :


Untuk menginput nama kecamatan sama seperti menginput nama kabupaten/kota, cukup menginput di kolom kecamatan saja. Dan aplikasi akan secara otomatis memunculkan nomor dan kode dengan sendirinya. Jangan menginput nama kecamatan yang sama, karena aplikasi akan memunculkan notifikasi peringatan data ganda. Setelah menginput setting nama kecamatan, selanjutnya adalah menginput nama desa / kelurahan melalui menu setting desa / kelurahan, dan form setting nama desa / kelurahan yang ada di aplikasi ini adalah seperti berikut ini :


Untuk menginput nama desa / kelurahan cukup menginput di kolom desa / kelurahan saja. Dan aplikasi akan secara otomatis memunculkan nomor dan kode dengan sendirinya. Selanjutnya pilih nama kecamatan dan kabupaten/kota melalui listdown yang ada disediakan di masing-masing kolom. Jangan menginput nama desa/kelurahan yang sama, karena aplikasi akan memunculkan notifikasi peringatan data ganda. Setelah menginput setting nama desa / kelurahan, selanjutnya adalah menginput data TPS melalui menu setting TPS, dan form setting data TPS yang ada di aplikasi ini adalah seperti berikut ini :


Untuk menginput TPS cukup menginput nomor TPS, alamat, RT, dan RW. Untuk nama desa/kelurahan pilih melalui listdown yang ada disediakan. Untuk data DPT, data Non DPT, dan Suara Sah sumbernya berasal dari laporan masing-masing saksi TPS. Maka sangat perlu bagi saksi untuk memperoleh informasi ini ketika bertugas sebagai saksi di TPS.

selanjutnya adalah yang perlu dilakukan user sebelum mengoperasikan aplikasi ini adalah melakukan input Nama Partai dan Nama Calon melalui menu input partai dan calon seperti berikut ini :


Untuk menginput nama partai melalui menu input partai seperti berikut ini :


Untuk menginput nama partai cukup menginput di kolom partai saja. Dan aplikasi akan secara otomatis memunculkan nomor dan kode dengan sendirinya. Setelah menginput setting nama partai, selanjutnya adalah menginput nama calon melalui menu input calon, dan form input nama calon yang ada di aplikasi ini adalah seperti berikut ini :


Untuk menginput nama calon, pilih dulu nama partai melalui listdown yang tersedia, lalu nomor urut calon, baru kemudian input nama calonnya. Dan aplikasi akan secara otomatis memunculkan nomor dan kode dengan sendirinya.
 
Setelah menginput setting nama calon, selanjutnya adalah menginput nama koordinator melalui menu input koordinator, dan form input nama koordinator yang ada di aplikasi ini adalah seperti berikut ini :


Untuk menginput nama koordinator, input dulu nomor KTP nya, lalu nama, hingga ke nomor telepon. Selanjutnya pilihlah jabatan coordinator melalui listdown yang tersedia, apakah coordinator sebagai coordinator kab/kota, koor kecamatan, koor desa/kel, atau koor TPS/saksi. Selanjutnya pilihlah area kerjanya. Jangan menginput nomor KTP koordinator yang sama, karena aplikasi akan memunculkan notifikasi peringatan data ganda.

Setelah menginput setting nama koordinator, selanjutnya adalah tinggal menginput data perolehan suara melalui menu input perolehan suara, dan form input perolehan suara yang ada di aplikasi ini adalah seperti berikut ini :


Untuk menginput rekap perolehan suara per TPS, pertama pilihlah nama TPS dari listdown yang tersedia di setiap kolom TPS, lalu pilih kandidat, dan lalu inputlah jumlah suara yang diperolehnya. Untuk mendapatkan nilai perolehan suara ini, sumbernya berasal dari laporan masing-masing saksi yang diberi mandat untuk menjadi saksi di setiap TPS. Maka, untuk hal ini, calon kandidat atau partai harus menugaskan setiap saksi di setiap TPS. Dan setiap saksi harus melaporkan perolehan suara semua partai dan semua calon di TPS yang menjadi tempat tugasnya.
   
Sampai di input ini maka, selesailah proses penginputan data di dalam Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague. Dan selanjutnya, hanya tinggal melihat output laporan yang dihasilkan oleh Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague.

B. Fasilitas Output Hasil Perolehan Suara Dan Kursi Hasil Metode Sainte Lague
 
Setelah user melakukan input perolehan suara partai dan calon, maka aplikasi Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague, secara otomatis akan menyajikan laporan hasil perolehan suara dan kursi metode Sainte Lague. Untuk melihat laporan ini, melalui menu perolehan kursi dan suara seperti berikut ini :


1. Laporan Hasil Konversi Metode Sainte Lague ( Laporan Perolehan Kursi Hasil Sainte Lague )


2. Laporan Hasil Perolehan Kursi Semua Partai


3. Laporan Rekap Perolehan Suara Semua Partai Dan Calon


C. Fasilitas Output Hasil Perolehan Suara Per Wilayah

Setelah user melihat laporan perolehan suara dan kursi metode sainte lague, selanjutnya user bisa melihat laporan perolehan suara perwilayah untuk semua partai dan calon. Untuk melihat laporan ini melalui menu hasil suara per wilayah seperti berikut ini :


1. Laporan Perolehan Suara Partai dan Calon Per TPS



2. Laporan Perolehan Suara Partai dan Calon Per Desa / Kelurahan



3. Laporan Perolehan Suara Partai dan Calon Per Kecamatan


4. Laporan Perolehan Suara Partai dan Calon Per Kabupaten



Demikianlah penjelasan mengenai Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague. Aplikasi ini menggunakan microsoft excel, namun sudah bisa mengakomodir hasil perolehan suara partai dan calon dengan konversi Sainte Lague secara otomatis. Sehingga bisa membantu teman-teman semua dalam membuat laporan perolehan suara partai dan calon. Aplikasi ini akan lebih lengkap lagi jika disandingi dengan Aplikasi Pencatatan Data Pemilih Potensial yang pernah saya posting di blog saya ini. Cukup keren bukan?

Nah, bagi teman-teman semua yang ingin memiliki dan memperoleh Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague ini, silahkan hubungi saya melalui telepon, whatsapp di line 0813 1684 5354 atau bisa via email kurniawankuat@gmail.com . Selama saya sedang tidak mengemudikan kendaraan, pasti akan saya layani. Demikian posting blog kali ini, semoga bermanfaat dan salam sukses.

Video Simulasi Tentang  Aplikasi Excel Pencatatan Rekap Perolehan Suara Metode Sainte Lague



Share:

My Channel

Posting This Week

Video Tutor 1

Video Tutor 2

Video Tutor 3

Video Tutor 4

Video Tutor 5

Video Tutor 6

Video Tutor 7

Video Tutor 8

Video Tutor 9

Video Tutor 10