Menggunakan Aplikasi Excel Pencatatan Data Pemilih Potensial V.1.19 Untuk Membuat Pencatatan Data Pemilih Potensial

Menggunakan Aplikasi Excel Pencatatan Data Pemilih Potensial  V.1.19 Untuk Membuat Pencatatan Data Pemilih Potensial

Salam sukses untuk semua pembaca setia kuat's blog. Pada kali ini saya akan memposting mengenai Cara Membuat Pencatatan Data Pemilih Potensial dengan menggunakan Aplikasi Excel Pencatatan Data Pemilih Potensial  V.1.19. Aplikasi ini saya buat berdasarkan dari sebuah pengalaman ketika saya ikut menjadi anggota Team Pemenangan Calon Anggota Legislatif di Tangerang Selatan pada musim pemilu 2019 kemarin. 

Aplikasi pencatatan ini adalah salah satu fasilitas yang saya buat untuk melengkapi metode dan cara bagaimana untuk memenangkan Calon Pemimpin dan atau Wakil Rakyat dalam persaingan politik pada Pemilu 2019 kemarin. Karena salah satu metode dan cara yang diterapkan untuk memenangkan Calon Pemimpin dan atau Wakil Rakyat di kancah persaingan politik, adalah dengan melakukan Pencatatan Data Pemilih Potensial. Maksud dari Pemlih Potensial di sini adalah pemilih yang telah memiliki sikap dan teguh pendiriannya untuk memilih salah satu Calon Pemimpin dan atau Wakil Rakyat yang diyakininya. Artinya pemilih di sini adalah pemilih yang memang sudah fix untuk memenangkan salah satu Calon Pemimpin dan atau Wakil Rakyat yang diamanahkan mereka untuk menjadi Pemimpin dan atau Wakil Rakyat. Sehingga pemilih-pemilih ini disebut sebagai Pemilih yang Potensial. 

Setelah team pemenangan Calon Pemimpin dan atau Wakil Rakyat mendapatkan pemilih potensial, maka dilakukanlah pencatatan data pemilih potensial tersebut. Tujuannya adalah untuk memaintenance para pemilih potensial tersebut. Sehingga, dengan termaintenancenya para pemilih potensial tersebut, maka akan dengan mudah team pemenangan untuk meraih hasil yang maksimal. Karena secara data, dengan tercatatnya data pemilih potensial tersebut, maka Calon Pemimpin dan atau Wakil Rakyat akan dengan mudah membuat progres program-program kemasyarakatan melalui data tersebut, dan tentu, data tersebut akan sangat bisa dijadikan sebagai ajang kampanye kepada masyarakat secara lebih efisien. 

Misalnya, dengan memiliki data pemilih potensial, sang calon wakil rakyat akan lebih mudah membuat program-program kampanye melalui program kemasyarakatan yang outputnya akan lebih terarah langsung kepada pemilih yang memang benar-benar berpotensi. Sehingga, dana yang dikeluarkan untuk program kampanyenya ke masyarakat, benar-benar benar-benar tidak mubazir. Dan ini terbukti, ketika metode dan cara ini dilakukan saat saya ikut menjadi anggota Team Pemenangan Calon Anggota Legislatif di Tangerang Selatan pada musim Pemilu 2019 kemarin, hasilnya Caleg yang saya usung menang dengan biaya yang lebih terarah dan efisien. 

Di sini saya tidak akan membahas bagaimana trik-trik agar bisa menang pemilu secara lebih rinci, karena hal ini berkaitan dengan rahasia team pemenangan saya. Namun saya hanya akan menyampaikan bagaimana memfasilitasi metode dan cara untuk memenangkan Calon Pemimpin dan atau Wakil Rakyat dalam Pemilu Kepala Daerah. Dan kali ini salah satu cara yang saya sampaikan adalah metode dan cara melakukan pencatatan data pemilih potensial dengan menggunakan Aplikasi Excel Pencatatan Data Pemilih Potensial V.1.19 pada saat musim Pemilu, baik Pemilu Legislatif, Pemilukada atau Pemilihan Umum Kepala Daerah dan sebagainya. Lalu Seperti apa sih aplikasi ini? Berikut penjelasannya.

Aplikasi ini bernama Aplikasi Excel Pencatatan Data Pemilih Potensial V.1.19. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan sistem operasi Microsoft Excel berbasis Macro. Aplikasi ini adalah aplikasi lanjutan dari aplikasi sebelumnya yang bernama Aplikasi DPP V.1.19 yang digunakan untuk melakukan pencatatan data pemilih potensial pada musim Pemilu Calon Legislatif tahun 2019 kemarin. Aplikasi ini tidak membutuhkan instalasi yang rumit. Cukup terinstal Microsoft Excel di komputer ataupun laptop maka aplikasi ini langsung bisa berjalan. Dan aplikasi ini sangat mudah dibawa kemana-mana dengan menggunakan flashdisc / micro SD. 

Untuk memulai aplikasi ini, cukup klik file nya dan akan muncul Login Form seperti berikut ini :


Inputkan Username dan Password lalu klik Tombol Login dan akan muncul seperti pada gambar berikut ini :


Lalu klik Ok dan akan masuk ke form penginputan data pasangan calon Wakil Rakyat seperti berikut ini :


Inputkan data pasangan calon wakil rakyat sesuai dengan format form tersebut di atas, lalu klik tombol Menu dan akan masuk ke dalam daftar menu utama aplikasi seperti berikut ini :


Sebelum menjalankan aplikasi ini, silahkan klik Menu Setting Aplikasi dan akan muncul daftar menu setting aplikasi seperti berikut ini :


Yang pertama dilakukan di dalam setting ini adalah melakukan Setting Kabupaten/Kota melalui tombol menu Setting Kab/Kota, dan akan nampak seperti pada gambar berikut ini :


Perhatikan form menu setting kab/kota diatas. Di form tersebut user hanya perlu menginput nama kab/kota pada form nama kab/kota nya saja. Nama kab/kota dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan. 

Langkah setting yang kedua adalah melakukan Setting Kacamatan/Kelurahan melalui tombol menu Setting Kec/Kelurahan seperti pada gambar berikut ini :


Perhatikan form menu setting kec/kel diatas. Di form tersebut user hanya perlu menginput nama kec/kelurahannya nya saja pada kolom nama kec/kelurahan dan nama kec/kelurahan juga dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Langkah setting yang ketiga adalah melakukan Setting Nama Koordinator melalui tombol menu Sett Nama Koordinator, dan akan nampak seperti pada gambar berikut ini :


Perhatikan form menu setting nama koordinator diatas. Yang dimaksud koordinator di sini adalah koordinator team pemenangan. Sehingga user perlu menginput data koordinator pada form tersebut, sehingga tidak ada koordinator yang hanya aku-aku saja. Data koordinator juga dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Langkah setting yang keempat adalah melakukan Setting Data TPS melalui tombol menu Sett Data TPS, dan akan nampak seperti pada gambar berikut ini :


Perhatikan form menu setting data TPS diatas. Yang dimaksud TPS di sini adalah Tempat Pemungutan Suara. Sehingga user perlu menginput data TPS pada form tersebut. Data TPS juga dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Sampai di sini setting aplikasi telah selesai. Dan selanjutnya, perhatikan daftar menu utama aplikasi di atas. Setelah selesai melakukan setting aplikasi langkah selanjutnya adalah melakukan pencetakan formulir inputan data pemilih yang saya beri nama Formulir C1 DPP Induk dan C1 DPP Lampiran. Form ini sebagai dasar untuk menginput data pemiih potensial ke dalam aplikasi ini. Form inilah yang nantinya akan dibawa oleh setiap koordinator team pemenangan untuk mencatat data pemilih potensial di setiap wilayah, lalu setelah itu diserahkan kembali ke user aplikasi untuk dilakukan penginputan secara komputerisasi ke dalam aplikasi ini. Untuk mendapatkan form ini pada menu utama aplikasi terdapat Menu Form Pencatatan DPP. Klik menu tersebut, dan akan muncul seperti gambar berikut ini :


Selanjutnya, jika user sudah menerima data pemilih potensial dengan formulir C.1 DPP dari setiap koordinator team pemenangan, maka data yang tercatat di form C.1 DPP dilakukan penginputan ke dalam Aplikasi Excel Pencatatan DPP V.1.19 ini. Caranya, pada menu utama aplikasi terdapat Tombol Data Pemilih Potensial. Klik tombol tersebut dan akan nampak seperti gambar berikut ini :


Perhatikan form tersebut. Pada form ini user hanya perlu menginput nama, NIK (jika tidak ada NIK, maka kolom dikosongkan saja, tidak perlu di input), Alamat, RT dan RW. Untuk kolom Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, TPS, dan Koordinator user hanya perlu melakukan penyesuaian saja. Karena kolom tersebut datanya sudah berdasarkan data yang telah diinputkan saat user melakukan setting aplikasi di awal tadi.

Setelah melakukan input data pemilih potensial, langkah selanjutnya adalah melakukan input data saksi. Untuk  menginput data saksi, pada daftar menu utama aplikasi terdapat Tombol Data Saksi. Klik tombol menu tersebut, maka akan nampak seperti pada gambar berikut ini :


Perhatikan form tersebut. Cara penginputan form ini sama dengan form penginputan data DPP. Untuk kolom Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan TPS hanya perlu melakukan penyesuaian saja. Karena kolom tersebut datanya sudah berdasarkan data yang telah diinputkan saat user melakukan setting aplikasi di awal tadi. Sampai di sinilah proses penginputan data pemilih potensial di Aplikasi Excel Pencatatan DPP V.1.19. Selanjutnya saya akan melakukan review data berdasarkan filter data yang saya butuhkan. Dan untuk menghasilkan filter data, kita harus melakukannya melalui menu filter data. Perhatikanlah daftar menu utama aplikasi diatas, lalu klik Tombol Filter Data Pemilih, dan akan nampak seperti pada gambar berikut ini :


Pada contoh ini saya akan menampilkan data semua pemilih potensial, maka pada kolom Base Of Filter Data akan saya pilih Filter Data berdasarkan All. Maka data yang akan muncul pada review dan laporan daftar pemilih potensial adalah semua data pemilih yang telah di input. Untuk melihat hasil reviewnya, pada menu utama aplikasi terdapat Tombol Review DPP Per Kriteria. Klik tombol tersebut dan akan nampak seperti gambar berikut ini :


Perhatikan hasil review data tersebut di atas, data pemilih potensial yang muncul adalah semua data pemilih potensial. 

Pada contoh yang kedua saya akan memunculkan data pemilih potensial berdasarkan nama koordinator, maka pada meu filter data, pada kolom Base Of Filter Data saya pilih KOORDINATOR, lalu pada kolom Nama Koordinator saya pilih nama koordinatornya yaitu KOORDINATOR 1. Di sini artinya saya ingin memunculkan data pemilih potensial berdasarkan bawaan dari KOORDINATOR 1 seperti pada gambar berikut ini :


Untuk melihat hasil reviewnya, pada menu utama aplikasi terdapat Tombol Review DPP Per Kriteria. Klik tombol tersebut dan akan nampak seperti gambar berikut ini :


Perhatikan hasil review data tersebut di atas, data pemilih potensial yang muncul adalah data pemilih potensial berdasarkan data bawaan dari KOORDINATOR 1. Mengenai filter data, selain berdasarkan Nama Koordinator  pada alikasi ini disediakan juga filter data berdasarkan Nama Kelurahan, Nama Kecamatan, Nama Kab/Kota dan berdasarkan TPS. 

Setelah kita melakukan review data, jika user ingin mencetak laporan data pemilih potensial, maka untuk melakukan cetaknya, pada menu utama aplikasi terdapat Tombol Print Out Report DPP. Klik tombol tersebut dan akan muncul seperti pada gambar berikut ini :


Sebagai tambahan, bahwa hasil printout rekap data pemlih potensial tersebut akan muncul berdasarkan filter data. Selanjutnya kita akan lihat printout rekap data saksi. Untuk melihat printout rekap data saksi, pada menu utama aplikasi terdapat Tombol Print Out Data Saksi. Klik Tombol tersebut dan akan muncul hasil printout data saksi seperti pada gambar berikut ini :


Dari data saksi yang ada, kita sudah tidak perlu lagi membuatkan Surat Mandat / Surat Tugas sebagai saksi pada TPS tempat setiap saksi ditugaskan. 

Selanjutnya Untuk mencetak Surat Mandat / Surat Tugas sebagai saksi, perhatikan kembali di Menu Utama Aplikasi. Pada menu utama tersebut terdapat Tombol Surat Mandat Saksi. Klik tombol tersebut dan akan muncul seperti pada gambar berikut ini :



Perhatikan Printout Surat Mandat tersebut. Pada Surat Mandat tersebut user sudah tidak perlu lagi melakukan input data di form tersebut. Karena, semua data saksi secara otomatis langsung ngelink di form Surat Mandat ini. 

Yang jelas Aplikasi ini sangat sederhana dan sangat membantu sekali tugas team pemenangan dalam memenangkan Calon Wakil Rakyatnya untuk menjadi Wakil dan Pemimpin Rakyat. Dan saya tegaskan kembali, bahwa kemenangan seorang calon wakil rakyat di kancah persaingan politik tidak ditentukan oleh Aplikasi ini, namun Aplikasi ini hanya dapat memfasilitasi metode dan cara bagaimana untuk memenangkan Calon Wakil Rakyat dalam persaingan politik. Insya Allah, dengan solat, doa, kerja keras, tekad perjuangan bersama, dan tekad berjuang melayani masyarakat dengan penuh keikhlasan, maka tentu tidaklah mustahil bagi Allah untuk membantu memenangkan anda di kancah politik untuk mengemban amanah sebagai wakil rakyat yang benar-benar memang pilihan rakyat. Yang jelas, sesungguhnya rakyat tidak membutuhkan budaya Money Politik. Akan tetapi rakyat hanya butuh dilayani dan diedukasi oleh wakil dan pemimpin rakyat. 

Demikianlah tutor mengenai Aplikasi Excel Pencatatan Data Pemilih Potensial ini. Bagi pembaca blog ini, yang ingin berkonsultasi mengenai artikel ini ataupun ingin memiliki aplikasi ini dapat menghubungi saya di line mobile/WA nomor 0813 1684 5354 / 0856 7966 693 atau melalui email kurniawankuat@gmail.com. Selama saya sedang tidak sibuk ataupun sedang tidak mengendarai kendaraan pasti akan saya layani. Demikian semoga bermanfaat dan Salam sukses selalu untuk semua.
Share:

My Channel

Posting This Week

Video Tutor 1

Video Tutor 2

Video Tutor 3

Video Tutor 4

Video Tutor 5

Video Tutor 6

Video Tutor 7

Video Tutor 8

Video Tutor 9

Video Tutor 10