Cara Memanfaatkan Formula Financial Pada Excel Untuk Menghitung Angsuran Kredit Tanpa Uang Muka

Cara Memanfaatkan Formula Financial Pada Excel Untuk Menghitung Angsuran Kredit Tanpa Uang Muka.

Sebelumnya Saya doakan semua pembaca setia kuat's blog selalu sukses dalam setiap aktivitas sehari harinya. Pada posting kali ini saya akan memposting mengenai cara menghitung Angsuran Kredit Tanpa Uang Muka dengan memanfaatkan fisilitas Formula Financial pada microsoft excel. Formula Financial merupakan formula yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan tentang masalah keuangan seperti menghitung besara angsuran, suku bunga, penyusutan nilai aset, penilainan investasi, dan lain sebagainya.


Pada posting kali ini akan dibahas mengenai cara menentukan besaran angsuran kredit dengan kriteria tanpa uang muka, dengan uang muka,serta memperoleh cashback atau pengembalian sejumlah nominal tertentu. Namun, demi untuk memahami materi posting, saya akan memberikan bahasan secara bertahap. Dan pada tahapan posting kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai cara menentukan besaran anguran kredit dengan kriteria tanpa uang muka dengan memanfaatkan fasilitas Formula Financial pada Microsoft Excel. Dan pada posting kali ini saya menggunakan microsoft excel tahun 2010. Dan pada intinya bagi pembaca yang menggunakan microsoft excel dibawahnya ataupun diatasnya tetap dapat memanfaatkan fasilitas ini. Karena prinsip microsoft excel adalah sama, hanya template-templatenya saja yang berbeda.

Untuk bisa menghitung besaran angsuran kredit tanpa uang muka, saya akan gunakan salah satu formula dalam kelompok Financial, yaitu formula PMT. Dan untuk lebih memahaminya, berikut ini saya sertakan langkah-langkahnya :


Untuk bisa menghitung besaran angsuran kredit tanpa uang muka, saya akan gunakan salah satu formula dalam kelompok Financial, yaitu formula PMT. Dan untuk lebih memahaminya, berikut ini saya sertakan langkah-langkahnya :

1. Pertama, buatlah tabel seperti berikut ini :

Gambar 1. Tabel Angsuran Kredit
2. Perhatikan tabel di atas, lalu klik pada sel J7 ( sel yang diberi warna kuning ), dan lalu pilih menu FORMULAS > Financial > PMT seperti nampak pada capture berikut ini :

Gambar 2. Formula Financial PMT
3. Setelah klik PMT maka akan akan muncul parameter formula dialog PMT. Masukkan parameter tepat seperti pada capture berikut ini :

Gambar 3. Parameter PMT Financial
4. Setelah menginput kolom pada paramater tersebut diatas dengan sesuai, maka jangan lupa klik OK, dan hasil perhitungan besaran angsuran kredit adalah nominal sebesar Rp1.000.000 dalam jangka waktu 12 bulan akan menghasilkan angsuran pada awal bulan sebesar Rp92.705 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 4. Tabel Angsuran Iuran Awal Bulan
5. Setelah itu hitung besaran angsuran pembayaran pada akhir bulan dengan cara seperti pada langkah nomor 2, kemudian masukkan parameter rumus fungsi formula PMT seperti pada capture berikut ini :

Gambar 5. Parameter PMT Financial Akhir Angsuran
6. Setelah menginput kolom pada paramater tersebut diatas dengan sesuai, maka jangan lupa klik OK, dan hasil perhitungan besaran angsuran kredit adalah nominal sebesar Rp1.000.000 dalam jangka waktu 12 bulan akan menghasilkan angsuran pada awal bulan sebesar Rp92.705 dan angsuran di akhir bulan sebesar Rp94.560 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 6. Tabel Angsuran Awal dan Akhir Angsuran
7. Langkah selanjutnya silahkan blok sel J7 dan K7 seperti pada capture berikut ini :

Gambar 7. Proses Drag Formula
8. Pada tanda plus (+) silahkan lakukan drag atau tarik rumus formula yang sudah di blok sampai baris ke 21 agar rumus formula tercopy. Dan hasilnya adalah sebagai berikut :

Gambar 8. Tabel Angsuran Akhir
Demikianlah langkah menentukan besaran angsuran kredit tanpa uang muka dengan memanfaatkan Formula Financial yang ada di dalam microsoft excel. Dari tabel tersebut bisa disimpulkan bahwa pembayaran kredit pada awal bulan akan lebih kecil nilai nominalnya dibandingkan jika pembayaran angsuran dilakukan pada akhir bulan. Sebagai bahan latihan, sobat bisa mendownload tabel latihan tersebut dengan cara klik link ini. Dan untuk membuat tabel angsuran kredit dengan menggunakan uang muka akan saya bahas pada posting selanjutnya. 

Demikian bahasan mengenai cara menentukan besaran anguran kredit dengan kriteria tanpa uang muka dengan memanfaatkan fasilitas Formula Financial pada Microsoft Excel. Bagi pembaca blog ini, yang ingin berkonsultasi mengenai artikel ini ataupun ingin memiliki aplikasi ini dapat menghubungi saya di line mobile/WA nomor 0813 1684 5354 / 0856 7966 693 atau melalui email kurniawankuat@gmail.com. Selama saya sedang tidak sibuk ataupun sedang tidak mengendarai kendaraan pasti akan saya layani. Demikian semoga bermanfaat. Salam sukses.
Share:

My Channel

Posting This Week

Video Tutor 1

Video Tutor 2

Video Tutor 3

Video Tutor 4

Video Tutor 5

Video Tutor 6

Video Tutor 7

Video Tutor 8

Video Tutor 9

Video Tutor 10